Selasa, 01 Desember 2015

Tahapan Membuat Laporan Kegiatan & bagian-bagian dalam laporan.

Tahapan Membuat Laporan Kegiatan & bagian-bagian dalam laporan.

Laporan Kegiatan adalah sebuah laporan hasil kegiatan, yang biasa nya dibuat setelah kegiatan tersebut berlangsung. Laporan kegitan biasa dibuat oleh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pembuatan laporan kegiatan sendiri dimaksudkan sebagai bukti tanggungjawab seorang pelaksana kegiatan kepada sang pemberi mandat terhadapat hasil kegiatan yang telah diikuti.


Pentingnya Laporan Kegiatan 

Laporan kegiatan sangat penting sebagai bukti tanggungjawab peserta kegiatan tentang kegiatan yang telah di ikuti kepada sang atasan. Nah, untuk itu seberapa penting laporan kegiatan wajib dibuat :
1. Sebagai dasar untuk pengembangan rencana selanjutnya.
2. Sebagai penentuan kebijakan atasan
3. Sebagai bukti laporan kegiatan yang telah di laksanakan
4. Untuk mengetahui proses dan perkembangan kegiatan yang di ikuti.

JENIS - JENIS LAPORAN KEGIATAN


- Dilihat dari segi penyampaian laporan :
  1. Laporan lisan, adalah jenis laporan kegiatan yang bentuk penyampainnya secara langsung (lisan) kepada atasan. Bentuk laporan ini biasa di laporan atau dilakukan secara langsung dengan tatap muka, wawancara, telpon, dan lainnya. 
  2. Laporan tulisan, adalah jenis laporan kegiatan yang bentuk penyampainnya secara tulisan.
-Dilihat dari segi tata bahasa :
  1. Laporan dengan tata bahasa populer, biasanya menggunakan tata bahasa yang sederhana, kadang juga di selingi dengan kata-kata humor/lucu.
  2. Laporan dengan tata bahasa ilmiah, biasa dilihat sebagai hasil penilitian. Dan biasa
menggunakan tata bahasa yang logis dan sistematis. Secara sistematis laporan kegiatan yang anda tulis harus mengandung unsur di bawah ini :
- Apa (What)
- Mengapa (Why)
- Siapa (Who)
- Dimana (Where)
- Kapan (Bagaimana)
- Bagaimana (How)


Nah, jika semua unsur diatas telah anda ketahui maka anda sudah bersiap untuk mengetik atau membuat sebuah laporan kegiatan. Maka berikut ini adalah urutan tata cara pembuatan sebuah laporan kegiatan :

1. Pendahuluan
  • Latar belakang kegiatan
  • Dasar hukum kegiatan
  • Maksud dan tujuan kegiatan
  • Ruang lingkup
 2. Isi Laporan
  • Jenis kegiatan
  • Tempat dan waktu
  • Petugas kegiatan
  • Persiapan dan rencana kegiatan
  • Peserta kegiatan
  • Kesulitan dan hambatan
  • Hasil kegiatan
  • Kesimpulan dan saran
3. Penutup

Penutup dari isi laporan biasa dituliskan ucapan terima kasih kepada yang pemberi mandat sehingga sang penerima mandat dapat mengikuti kegiatan tersebut dan telah berlangsung dengan baik apa adanya.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN LAPORAN KEGIATAN

  • Singkat dan padat
  • Tidak menggunakan kata-kata yang berteleh-teleh.
  • Sistematis
  • Mudah di pahami
  • Isi lengkap
  • Menarik penyajiannya
  • Fakta dan akurat
  • Tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar